Beranda | Artikel
Meminta Pertolongan kepada Allah Azza wa Jalla
Rabu, 7 Februari 2024

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yala Kurnaedi

Meminta Pertolongan kepada Allah ‘Azza wa Jalla adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Bayan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 25 Rajab 1445 H / 5 Februari 2024 M.

Kajian Tentang Mewujudkan Penghambaan Hanya Untuk Allah

Kita sudah diajarkan oleh Allah dalam kitabNya, bagaimana kita bermuamalah menghadapi musuh dari kalangan manusia dan setan. Dalam menghadapi musuh dari kalangan manusia, caranya dengan sabar dan berbuat baik kepadanya. Kita menghadapi keburukannya dengan kebaikan. Hal ini supaya dia tidak jadi memusuhi, bahkan bisa jadi teman yang baik. Adapun musuh dari setan, tidak ada cara kecuali meminta perlindungan kepada Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengabarkan hal tersebut dalam tiga tempat. Pertama di surah Al-A’raf ayat 199-200:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ ‎﴿١٩٩﴾‏ وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۚ إِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ ‎﴿٢٠٠﴾‏

“Jadilah engkau pemaaf dan perintahkanlah untuk berbuat baik, serta berpalinglah dari orang-orang bodoh. Dan apabila setan datang menggoda, maka mintalah perlindungan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-A’raf[7]: 199-200)

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ السَّيِّئَةَ ۚ نَحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَصِفُونَ ‎﴿٩٦﴾‏ وَقُل رَّبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ ‎﴿٩٧﴾‏ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَن يَحْضُرُونِ ‎﴿٩٨﴾

“Tolaklah perbuatan buruk mereka dengan cara yang lebih baik. Kami lebih mengetahui apa yang mereka sifatkan. Dan katakanlah: ‘Wahai Rabbku, aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau wahai Rabbku, agar mereka tidak mendekatiku.`” (QS. Al-Mu’minun[23]: 96-98)

Lihatlah, ketika musuhnya adalah manusia, kita diperintahkan untuk menolak perbuatan mereka dengan cara yang lebih baik. Tetapi ketika musuhnya setan, kita diperintahkan untuk berlindung kepada Allah.

Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۚ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ ‎﴿٣٤﴾‏ وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ ‎﴿٣٥﴾‏ وَإِمَّا يَنزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ ‎﴿٣٦﴾‏ 

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, sehingga orang yang ada rasa permusuhan antaramu dan dia menjadi seperti teman yang setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan keculai kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar. Dan jika setan datang menggodamu, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Fussilat[41]: 34-36)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53897-meminta-pertolongan-kepada-allah-azza-wa-jalla/